Cara bagi Pengusaha Pemula buat Menarik Konsumen Milenial dalam Bisnis

Pembahasan kita kali ini adalah Cara bagi Pengusaha Pemula buat Menarik Konsumen Milenial dalam Bisnis. Apakah Anda memiliki usaha yang berupa kios atau toko? Apakah Anda merasa akhir-akhir ini toko atau warung Anda sepi? Konsumen yang datang berkurang sehingga menyebabkan omset Anda menurun? Sementara di sebelah sana, toko atau warung tetangga ramai dikunjungi pembeli, walaupun Anda memasarkan produk yang sama dengannya.

Cara bagi Pengusaha Pemula buat Menarik Konsumen Milenial dalam Bisnis

Cara bagi Pengusaha Pemula buat Menarik Konsumen Milenial dalam Bisnis

Membuka usaha berupa warung atau kios memang amat gampang, di samping modal yang dibutuhkan tidak banyak, risiko kerugian bahkan relatif kecil. Namun, Anda seharusnya ingat besarnya kesempatan untuk membuka usaha toko atau warung serta kemudahan dalam mendirikannya membuat tingkat kompetisi di antara para pemilik toko atau kios biasanya sungguh-sungguh ketat.

Apalagi, sekiranya diperhatikan jarak antara satu toko atau toko dengan warung lainnya umumnya mempunyai jarak yang tak begitu jauh. Hal inilah yang membuat si pemilik kios atau kios seharusnya berupaya keras supaya usaha kios atau kios yang diusahakannya bisa menarik banyak konsumen. Supaya toko atau kios Anda dapat menarik banyak konsumen, simak tips berikut ini:

Cara bagi Pengusaha Pemula buat Menarik Konsumen Milenial dalam Bisnis

1. Perbanyak jenis dan jumlah produk yang Anda jual

Coba observasi tipe dan jumlah barang yang Anda jual, sudah komplit atau belum? Anda tidak usah linglung untuk menyediakan produk apa yang mesti dijual untuk memenuhi keperluan konsumen. Selain produk yang dipasarkan disesuaikan dengan karakteristik warung atau warung, Anda bisa menambahkan jenisnya, dengan produk yang umum ditanyakan oleh konsumen.

Pada biasanya konsumen akan lebih memilih toko atau kios yang memiliki banyak alternatif dan jumlah barangnya. Oleh karena itu, seandainya Anda berkeinginan kios atau toko Anda dikunjungi banyak konsumen, karenanya perbanyaklah tipe dan jumlah produk yang Anda jual.

Cara bagi Pengusaha Pemula buat Menarik Konsumen Milenial dalam Bisnis

2. Berikan harga sesuai pasaran

Apakah warung atau warung yang berada pada kawasan perumahan atau dekat dengan daerah kos atau kontrakan? Apakah Anda memasarkan produk dengan harga yang lebih mahal sebab menganggap kios atau warung Anda paling gampang dijangkau? Mungkin untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya mendadak dan penting, konsumen akan datang ke kios atau kios Anda yang lokasinya lebih dekat.

Melainkan, seandainya cara ini terus Anda gunakan, besar kemungkinan kios atau kios Anda akan ditinggalkan oleh konsumen. Mereka tentu akan memilih toko atau kios yang harganya relatif murah dan pantas pasaran meski letaknya agak jauh dari tempat tinggal mereka. Mungkin mereka akan membeli barang dengan jumlah yang agak banyak sebagai stok yang membikin mereka tidak akan bolak balik ke warung atau warung tersebut.

Cara bagi Pengusaha Pemula buat Menarik Konsumen Milenial dalam Bisnis

3. Adakan diskon, bonus dan layanan antar untuk pembelian partai besar

Sebelum memutuskan opsi toko atau warung yang akan dikunjungi, umumnya konsumen akan melihat apakah warung atau kios hal yang demikian memberikan diskon, bonus dan layanan antar, apalagi kalau pembelian dilaksanakan dalam partai besar. Coba Anda perhatikan, toko atau toko yang lebih tak jarang mengadakan diskon dan memberikan bonus pada umumnya lebih banyak dikunjungi konsumen.

Jadi agar warung atau toko Anda berkeinginan dikunjungi banyak konsumen, maka cobalah untuk memberikan diskon atau bonus, atau malahan layanan antar jikalau mereka membeli dalam partai besar. Anda tak perlu kuatir, metode ini mengurangi profit yang Anda temukan sebab prinsip utama dalam melakukan usaha dagang yakni frekuensi perputaran modal yang sedang dikerjakan.

Cara bagi Pengusaha Pemula buat Menarik Konsumen Milenial dalam Bisnis

4. Perhatikan kwalitas produk

Kualitas produk yang Anda jual ialah hal yang sungguh-sungguh penting untuk diamati. Lakukan stok opname dengan mengamati tanggal kadaluarsa di setiap kemasan masing-masing produk dan lakukan pengecekan terhadap kualitas kemasan atau bungkus dari produk yang Anda jual. Pisahkan barang-barang yang kemasannya rusak. Atur letak produk yang Anda jual dengan memandang keamanannya.

Kalau seharusnya terlindung dari matahari karenanya letakkan produk pada daerah yang terlindung dari sang surya. Jangan sampai konsumen membeli barang rusak kemasannya apalagi yang telah kedaluwarsa. Selain bisa mencelakakan konsumen itu sendiri, produk yang rusak dan kedaluwarsa dapat menurunkan citra dan kepercayaan konsumen kepada warung Anda.

Cara bagi Pengusaha Pemula buat Menarik Konsumen Milenial dalam Bisnis

5. Layani konsumen dengan ramah

Apakah Anda termasuk orang yang jarang tersenyum dan kurang ramah dikala melayani konsumen? Seandainya ya, maka sikap itu patut Anda ubah sebab senyuman ialah salah satu energi tarik yan membikin konsumen bersuka cita untuk datang ke warung atau toko Anda.

Rasanya wajar kalau seorang konsumen agak sedikit “ceriwis” dalam berbelanja karena memang mereka ingin membeli produk yang terbaik. Kalau hal itu Anda balas dengan senyuman yang ramah karenanya akan memunculkan kesan tersendiri pada diri konsumen. Oleh sebab itu, supaya warung atau toko Anda bisa menarik banyak konsumen, layani mereka dengan ramah.

Cara bagi Pengusaha Pemula buat Menarik Konsumen Milenial dalam Bisnis

Taktik Tanpa Penolakan

Selain 5 cara / tips di atas masih banyak lagi kiat dan taktik menggaet konsumen. Salah satunya dengan memakai pertanyaan-pertanyaan yang tepat supaya konsumen setuju dengan yang Anda tawarkan.

Berikut beberapa figur pertanyaan-pertanyaan yang membuat konsumen sependapat dengan tawaran Anda.

  1. Tanyakan pertanyaan yang menembus pertentangan mental lawan bicara Anda. Ialah pertanyaan yang jangan hingga lawan bicara Anda mengatakan “So what gito loh”. Contohnya : apakah Anda peduli pada masa deoan keuangan Anda? Apabila ya coba kunjungi …. untuk keamanan masa depan keuangan Anda.
  2. Mengemas kata-kata untuk memberikan opsi antara sesuatu dengan sesuatu, buka sesuatu dengan tidak ada. pada teladan red or white wine, berkeinginan beli iphone atau Samsung dan lain-lain.

Demikian info tentang Cara bagi Pengusaha Pemula buat Menarik Konsumen Milenial dalam Bisnis, kami harap postingan ini mencerahkan Anda. Mohon artikel ini dishare biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Leave a Reply